ZQSCORE.NEWS – India baru akan menggelar balapan pertamanya untuk MotoGP pada akhir pekan ini. Awalnya trek ini dibangun untuk lintasan Formula 1, sejumlah renovasi tentunya diperlukan untuk bisa menggelar balapan roda dua itu.

Beberapa diantaranya yang terpenting adalah area penyelamatan saat pembalap jatuh (crash) seperti gravel trap atau kerikil dan dinding pengaman dibangun kembali.

Namun biaya yang dikeluarkan berada pada tingkat yang tidak diduga oleh peserta balapan. Meskipun sepertinya sekarang semuanya sudah siap, dan saatnya balapan di negara anak benua atau benua kecil itu, tinggal menghitung hari.

Namun, segala macam masalah saat ini bermunculan, seperti dengan transfortasi tim peserta ke India. Infonya tidak mudah mendapatkan Visa dan harus membayar ekstra untuk medapatkannya (uangnya bisa hangus).

Harga untuk Visanya adalah sekitar 1,2 juta rupiah ditambah beberapa biaya tambahan. Untuk amannya agensi menetapkan biaya sekitar 2 juta rupiah, jadi mereka mengumpulkan jumlahnya sedikit.

Model bisnis ini terdengar menjanjikan dengan menguntungkan. Jika sekitar 1.500 pengujung paddock hadir di sana dan masing-masing orang membayar sekitar 500ribu rupiah tambahan kepada agen tersebut, maka pemasukan yang layak sebesar 736 juta rupiah akan didapat.

Hotel-hotel di dekat trek sangat mahal. Ada biaya untuk layanan antar-jemput yang membawa staf dari hotel ke sirkuit, yang juga memakan biaya yang sangat mahal (Honda dikenakan biaya lebih dari 415 juta rupiah selama tiga hari). Tim yang lebih kecil memperkirakan biaya sekitar 130 juta rupiah untuk layanan antar-jemput. Untuk tim besar, biayanya meningkat hingga lebih dari 327 juta rupiah.

Semua tim peserta menyayangkan GP India ini akan menjadi balapan termahal dalam sejarah, dengan mengatakan makanan lokal dan air minum terlalu berbahaya dan harus disiapkan secara terpisah, yang menghabiskan banyak uang. Selain itu, saat ini sedang terjadi adalah masalah kesehatan (semoga bisa diatasi)… Good Luck.!

Apakah dengan kondisi yang infonya seperti ini bisa mendatangkan penonton dari luar negeri? Meski demikian, penanggung jawab tampaknya yakin balapan bisa digelar tanpa kendala. Jika tidak ada kendala sebenarnya, diharapkan semua motor-motor tim balap sudah sampai di lokasi hari ini, jadi kita tunggu saja…

Leave a comment