ZQSCORE.NEWSThomas Tuchel terbilang baru menangani Bayern Munchen sejak Maret 2023 lalu. Namun, Munchen sudah berancang-ancang untuk menggantinya dengan Xabi Alonso, yang sekarang melatih Bayer Leverkusen.

Tuchel datang ke Munchen secara mendadak emang. Dia ditunjuk untuk mengganti posisi Julian Nagelsmann yang sebenarnya baik-baik saja dari luar.

Munchen saat itu bersaing di papan atas Liga Jerman dan masih berkesempatan memenangkan dua trofi di ajang Piala Jerman dan Liga Champions.

Hanya saja, isu keharmonisan internal klub yang retak jadi alasan pemecatan Nagelsmann. Dirinya didepak lalu digantikan Tuchel.

Doc:Eurosport

Pergantian manajer jelang akhir musim itu membawa malapetaka buat Munchen, bagaimana tidak Munchen yang awalnya mempunyai kesempatan mendapat tiga trofi, jadi hanya memenangkan satu trofi

Eks pelatih Chelsea ini langsung gugur di dua kompetisi. Munchen disingkirkan Manchester City di perempat final Liga Champions dan SC Freiburg di perempat final Piala Jerman.

Untungnya Tuchel tetap membawa Munchen jadi juara Liga Jerman. Gelar ini pun diraih dengan cara yang super dramatis di laga terakhir.

Kemalangan Munchen saat dilatih Tuchel kembali berlanjut di bulan Agustus 2023 lalu. Munchen takluk 0-3 dari RB Leipzig di final Piala Super Jerman.

Thomas Frey/picture alliance via Getty Images

Isu Munchen berpisah dengan Tuchel kini sudah dihembuskan dalam laporan BILD. Munchen disebut-sebut tidak akan bekerja sama terlalu lama dengan sang manajer.

Meski belum tahu akan dipecat kapan dan karena apa pastinya, laporan itu meyakini bahwa Munchen sudah menyiapkan pengganti Tuchel nantinya.

Munchen dilaporkan ingin merekrut Xabi begitu mereka memecat Tuchel. Kandidat terkuat ini sementara masih terikat kontrak dengan Bayer Leverkusen hingga 2026.

Sosoknya ternyata telah dipuji oleh kalangan petinggi Munchen. Mereka yakin Xabi merupakan sosok manajer yang tepat untuk menangani Munchen.

Namun, Munchen bukan satu-satunya klub yang menginginkan jasanya. Real Madrid dan Liverpool juga berharap bisa bekerja sama dengan Xabi.

Leave a comment