ZQSCORE.NES, JAKARTA – Pada FIFA Matchday yang berlangsung pada Jumat (8/9/2023), Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan penting atas Turkmenistan dengan skor 2-0 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Kemenangan ini tidak hanya membawa kebahagiaan kepada timnas, tetapi juga membuka peluang besar untuk meningkatkan peringkat FIFA mereka.

Dalam pertandingan tersebut, dua gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak oleh Dendy Sulistyawan dan Egy Maulana Vikri.


Hasil ini sangat diperkirakan akan memperbaiki peringkat FIFA timnas Indonesia, terutama mengingat Turkmenistan memiliki peringkat FIFA yang lebih tinggi.

Diperkirakan, Timnas Indonesia dapat naik tiga strip ke urutan ke-147 dalam peringkat FIFA.

Hal ini berarti Indonesia berpotensi menggeser negara-negara seperti Hong Kong, Liberia, dan Botswana dalam peringkat tersebut.

Berdasarkan prediksi dari footyranking, Indonesia akan mendapatkan tambahan 5,41 poin, membawa mereka ke angka 1052,87 poin.

Asnawi Mangkualam, kapten timnas Indonesia, mengungkapkan kebahagiaannya atas kemenangan ini dan potensi peningkatan peringkat FIFA.

“Senang kami bisa mendapatkan poin dan bisa menaikkan ranking di FIFA,” ujarnya.

Selain itu, Timnas Indonesia juga semakin mendekati dua tim dari Asia Tenggara lainnya, yaitu Filipina dan Malaysia, dalam perolehan poin FIFA.

Pada FIFA Matchday bulan ini, Filipina hanya berhasil bermain imbang 1-1 melawan Taiwan, dengan satu pertandingan tersisa melawan Afghanistan.

Sementara itu, Malaysia dua kali bermain imbang, melawan Suriah dan China. Prediksi menunjukkan bahwa Malaysia kemungkinan hanya akan mendapatkan tambahan 1,93 poin, membuat mereka mendekati Filipina di peringkat FIFA.

Perolehan poin FIFA Timnas Indonesia masih memiliki potensi untuk meningkat pada bulan Oktober mendatang, ketika mereka akan menghadapi Brunei Darussalam dalam putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Asnawi Mangkualam berharap bahwa peningkatan ranking FIFA ini akan memberikan semangat lebih untuk Timnas Indonesia saat berkompetisi di Kualifikasi Piala Dunia yang akan datang.

Jika Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Brunei, mereka akan bergabung di Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung selama enam bulan ke depan.

Hal ini menjadi langkah besar dalam upaya Indonesia untuk meraih prestasi gemilang di panggung internasional.

Leave a comment