ZQSCORE.NEWS – Tengah pekan ini di Liga Champiosn Asia bergulir. Termasuk diantaranya ada empat klub Arab Saudi yang diperkuat oleh Cristiano Ronaldo, Neymar JR, dan Karim Benzema.

Al Ittihad, Al Hilal, Al Nassr, dan Al Fayha adalah keempat tim Arab Saudi yang berkiprah di ajang Liga Champions Asia musim ini. Dibandingkan sebelumnya, tim-tim Arab Saudi akan mendapat sorotan lebih besar.

Hal itu tidak lepas dari agresivitas klub Arab Saudi dalam merekrut pemain top dunia pada bursa transfer musim panas ini, setelah Ronaldo lebih dulu bergabung dengan Al Nassr pada bulan Januari lalu.

Jika ditotal Cristiano Ronaldo, Neymar, dan Karim Benzema sudah mengoleksi 11 titel Liga Champions. Tapi itu versi UEFA alias di Eropa. Kini mereka mendapat tantangan anyar dengan berupaya menjadi juara Liga Champions di Asia.

Al Nassr, yang saat ini antara lain juga memiliki Sadio Mane, Alex Telles, Marcelo Brozović, dan Aymeric Laporte, akan mengawali Liga Champions Asia dengan menyambangi markas klub Iran Persepolis, Rabu (20/9) dini hari WIB.

Sementara Al Ittihad, yang musim panas ini merekrut pemain seperti Benzema, N’Golo Kanté, Fabinho, dan Luiz Felipe, akan main lebih dulu pada hari Senin (18/9) malam WIB dengan melawan klub Uzbekistan AGMK.

Al Hilal, juara empat kali Liga Champions Asia sekaligus finalis musim lalu, juga siap tampil dengan sejumlah bintangnya. Walaupun Neymar diragukan main di matchday pertama, masih ada sosok top lain seperti Kalidou Koulibaly, Yassine Bounou, dan Sergej Milinkovic-Savic. Ada klub Uzbekistan Navbahor yang dihadapi Selasa (19/9) dini hari WIB.

Dibandingkan ketiga tim Arab Saudi itu, Al Fayha sedikit berbeda karena tidak dimiliki oleh Public Investment Fund (PIF) — sehingga tidak memiliki daya ekonomi di level yang sama. Klub Turkmenistan Ahal akan menguji Selasa (19/9) malam WIB.

Liga Champions Asia sendiri memakai sistem pembagian wilayah geografis sampai dengan final. Pada musim lalu Al Hilal “mewakili” wilayah barat di final, dengan klub Jepang Urawa Red Diamonds maju ke partai puncak dari wilayah timur. Urawa Red Diamonds yang menjadi juaranya.

Leave a comment